Monday, June 8, 2015

Proses IO

Remedial
Baca dan Rangkumlah Dan juga
Buatlah soal dan jawaban (masing-masing 10)

https://docs.google.com/forms/d/1IpvC0UQCImqXT_jvnp3hOWxHlOukpSp5Y4DKTWz1GW0/viewform?usp=send_form


INPUT OUTPUT DEVICE
KEYBOARD

ASAL MULA KEYBOARD
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

  
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan symbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus
lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegipanjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.

TEORY TENTANG KEYBOARD
Berdasarkan jenisnya keyboard ada dua macam yaitu jenis XT dan jenis AT, yang membedakan yaitu jumlah tombol XT ±84 tombol menggunakan chip 8084 sedangkan AT ±102 tombol menggunakan chip 8082.
Keyboard berfungsi untuk mengirim kode scan ke komputer. Kode-kode yang telah discan diteruskan ke keyboard Bios yang akan menginformasikan tombol apa saja yang telah ditekan atau dilepaskan. Contohnya jika tombol “K” ditekan, berarti kode scan yang dikirim adalah 42H untuk serial line. Hal ini akan bertulang-ulang sampai tombol lainnya ditekan, atau dengan kata lain tombol “K” dilepaskan.
        
Keyboard komputer, secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke-CPU melalui keyboard.
Tombol-tombol utama yang dimiliki, memiliki susunan yang tidak berbeda dengan susunan tombol mesin ketik biasa. Tombol huruf terletak dibarisan atas, dan tombol alfabetis berada di bawahnya, di samping itu, tombol spasi juga diletakkan pada posisi paling bawah. Hanya bedanya, huruf atau angka yang diketik oleh keyboard komputer, akan tercetak pada layar
Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per (pegas) yang ada di bawahnya akan menekan logam yang ada di bawahnya, dan menyebabkan arus listrik bisa mengalir melewatinya.
Arus ini kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor. Pada chip ini terdapat pelbagai alamat sehingga bisa diketahui, tombol mana yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut.

      
Pada saat yang sama, keyboard microprocessor juga meneruskan informasi yang ada ke-Interrupt Controller. Dari interrupt controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima oleh CPU agar informasi yang bersangkutan dapat ditampilkan pada layar monitor .
Tetapi keyboard tetap mengirimkan kode lain saat keyboard dilepaskan. Contohnya  jika “K” dilepaskan maka keyboard mengirimkan kode F0H untuk menginformasikan bahwa tombol tersebut dilepaskan, selanjutnya  1CH akan terkirim kembali sebagai informasi jenis tombol yang dilepaskan.
Keyboard memiliki satu kode untuk setiap tombol. Bahkan saat tombol shift ditekan, keyboard juga mengirimkan kode. Selanjutnya keyboard bios akan menentukan langkah apa yang dikerjakan. Keyboard juga memproses Num Lock, Caps Lock dan Scroll Lock . Misalnya Caps Lock ditekan selanjutnya keyboard akan mengirimkan kode scan Caps Lock untuk menyalakan led Caps Lock.


TOMBOL KEYBOARD DAN FUNGSINYA
  1. TOMBOL STANDAR
Yaitu tombol yang lazim digunakan pada mesin ketik, misalnya : huruf, space bar, angka dan sebagainya.
  1. TOMBOL PERINTAH DAN MANIPULASI
Yaitu tombol yang mempunyai fungsi perintah dan manipulasi misalnya : Tab, Caps Lock, Shift, Ctr Alt Del
  1. TOMBOL FUNGSI
Tombol yang bertugas menghasilkan fungsi-fungsi khusus, juga sebagai tombol jalan pintas terhadap sebuah program. 
  1. TOMBOL KURSOR
Berkedap-kedip, sebagai tanda indikasi posisi aktif kursor saat itu dilayar, misalnya Page Up, Page Down, Home, End, Insert, Delete.   
  1. TOMBOL NUMERIK
Tombol yang mempunyai fungsi matematik baik angka ataupun simbol aritmatika standar.
  1. TOMBOL RETURN ATAU ENTER     
Tombol ini berfungsi untuk mengeksekusi dari suatu perintah tetapi di dalam  pengetikan dapat digunakan untuk menunjukkan akhir dari sebuah paragraph.

PERINTAH KEYBOARD
HOST COMMANDS
Perintah ini dikirim oleh host ke keyboard. Kebanyakan perintah-perintah ini akan men-setting atau me-resetting indikator status (contoh : Led Num Lock, Led Caps Lock dan Led Scroll Lock). Perintah-perintah tersebut adalah sebagai berikut :
ED Mengeset status LED. Perintah ini digunakan untuk menyalakan atau mematikan Num Lock, Led Caps Lock dan Led Scroll Lock. Setelah mengirimkan kode ED, keyboard akan mereplay dengan kode ACK (FA) dan menunggu byte lainnya untuk menentukan status. Bit 0 mengontrol Scroll Lock, bit 1 mengontrol Num Lock, dan bit 2 mengontrol Caps Lock. Bit 3-7 diabaikan.
EE Echo. Jika perintah echo dikirim ke keyboard, keyboard akan mereplay dengan Echo (EE)
FO Mengeset kode scan. Jika perintah FO dikirim, keyboard akan mereplay dengan ACK (FA) dan menunggu byte lainnya, 01-03 yang menentukan kode scan yang digunakan. Jika 00 dikirim sebagai byte kedua, akan mengembalikan set kode scan dalam keadaan siap pakai kembali.
F3  Mengeset typematic Repeat rate. Keyboard akan mengenali perintah sebagai   FA dan menunggu byte yang kedua yang akan menentukan typematic repeat rate.
F4 Keyboard Enable. Mengosongkan kembali buffer keyboard output, me-ngembalikan kondisi keyboard scanning dan pengenalan kodenya.
F5  Keyboard Disable. Mereset keyboard, menonaktifkan keyboard scanning dan pengenalan kodenya.
FE Kirim Kembali. Jika menerima perintah kirim kembali, keyboard akan mengirimkan kembali byte terakhir yang telah diterima.
FF  Reset. Me Reset keyboard.

No comments:

Post a Comment